Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

18 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wawancara

Persiapan sebelum wawancara kerja



Interview atau wawancara kerja merupakan moment yang di tunggu untuk mendapatkan pekerjaan yang di impikan. Menyiapkan hal yang harus dilakukan sebelum wawancara kerja adalah penting untuk dilakukan. Beberapa orang sering gagal dalam mendapatkan pekerjaan karena kurangnya persiapan dalam interview kerja. 


Dalam sesi wawancara kerja biasanya dilakukan oleh HRD Perusahaan dengan memberikan pertanyaan kepada pelamar kerja. Pewancara biasanya tidak hanya menilai dari jawaban dan tingkat pengetahuan calon pelamar kerja namun juga body language dan Sikap pelamar menjadi penilaian. Berikut ini adalah 20 hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan wawancara.

Persiapkan CV, Portofolio dan Dokumen Pendukung Lainnya

Jangan pernah datang ke tempat wawancara dengan membawa tangan kosong. Meski saat ini beberapa perusahaan memberikan panduan untuk mengirim lamaran kerja melalui email, namun bukan berarti pada waktunya wawancara Anda tidak membawa apapun seperti cv, portofolio dan dokumen penunjang lainnya.

Sebaiknya untuk mempertimbangkan membawa dokumen tersebut saat wawancara kerja. Itu merupakan bentuk kesiapan dalam wawancara kerja dan HRD akan melihat seberapa siap Anda dalam wawancara. Buatlah CV dan portofolio semenarik dan inovatif. Dokumen lainnya seperti pengalaman kerja, prestasi dan sertifikat pelatihan akan berguna untuk mendukung apa yang di tulis di CV.

Cari Informasi tentang posisi Jabatan dan Perusahaan yang di Lamar

Sangat penting untuk mencari informasi apa saja yang berkaitan dengan posisi jabatan dan profil Perusahaan yang di lamar. Pewancara nanti akan memberikan pertanyaan seputar tentang posisi jabatan dan perusahaan. Jika tidak mempersiapkan informasi sebanyak mungkin seperti job deskripsi bidang yang di lamar dan detail perusahaan, maka Anda bisa saja akan kebingungan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh HRD dan tentu hal ini akan membuat gagal dalam memperoleh pekerjaan yang Anda impikan.

Buat Rencana Tiga Bulan ke depan

Setelah mengetahui tentang posisi jabatan yang dilamar dan informasi perusahaan, sebaiknya membuat rencana tiga bulan kedepan untuk mencapai kemajuan perusahaan yang dilamar seandainya Anda diterima bergabung di perusahaan itu. Informasi bisa didapatkan dengan menanyakan kepada perekrut,  manajer, searching internet, atau koneksi yang Anda miliki di perusahaan tersebut. Anda bisa menggali kelemahan dan kelebihan perusahaan, budaya kerja, hambatan dan mengapa karyawan sebelumnya berhenti bekerja di sana.

Datang Tepat Waktu

Datang tiga puluh menit sebelum acara wawancara dimulai akan lebih baik. Diwaktu tersebut bisa digunakan untuk mengecek persiapan bekal wawancara seperti dokumen, pertanyaan dan yang paling penting adalah bisa digunakan untuk menenangkan diri agar tidak gugup saat wawancara nanti.

Ketahui Lokasi Wawancara dan Pewawancara

Sebaiknya cari tahu lokasi wawancara dan siapa yang akan mewawancarai nanti sebelum tanggal hari wawancara dilakukan. Jangan sampai Anda terlambat melakukan wawancara hanya karena terlalu lama mencari tempat wawancara. Hal ini akan merugikan Anda seperti gugup, pikiran jadi kurang fokus dan apa yang sudah dipersiapkan ada yang kurang. Ketahui juga siapa pewawancara yang akan mewawancarai Anda nanti.

Percaya Diri

Percaya diri saat wawancara adalah penting untuk dilakukan saat akan melakukan wawancara kerja. Percaya diri akan membuat Anda tenang dan siap menghadapi wawancara dan tentu dengan percaya diri  persiapan wawancara jadi matang.

Berpakaian Rapi, Bersikap Sopan dan Tenang

Sebelum pergi ke lokasi wawancara sebaiknya periksa dahulu kerapian seperti pakaian, rambut, dan lain sebagainya. Jangan sampai datang dengan kondisi yang kurang rapi. Bersikaplah sopan dan pembawaan diri yang tenang saat menunggu waktu wawancara maupun saat dalam sesi wawancara.

Pakaian atau Baju Yang Anda Pakai

Beberapa perusahaan mungkin memberikan aturan tentang pakaian yang harus digunakan oleh karyawannya. Saat wawancara sebaiknya untuk menyesuaikan pakaian yang diperbolehkan diperusahaan tempat Anda melamar.

Jangan Sombong dan Biasakan diri dengan ketidaksempurnaan

Sngat sedikit calon pegawai yang direkrut yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh perusahaan. Namun bukan berarti anda tidak bisa melakukan apa-apa setiap pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara. Anda bisa menjawab dengan percaya diri dan tidak sombong dengan memberikan solusi dan pengalaman Anda saat mengatasi persoalan yang sama atas pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara Anda.

Jangan Lupakan Body Language

Body language atau gestur tubuh mungkin akan sulit untuk bisa dikendalikan kalau tidak dilatih terlebih dahulu. Bagaimana cara Anda berjabat tangan dengan pewawancara merupakan hal penting yang harus dilakukan. Cara yang tepat dalam berjabat tangan adalah dengan tidak terlalu lemas dan tidak terlalu kencang, kemudian dengan menatap mata lawan bicara saat berjabat tangan.

Usahakan saat sedang berbicara dengan pewawancara untuk selalu menjaga menatap lawan bicara. Apabila merasa gugup jangan pernah mengetuk-ketukan pulpen atau tangan kemeja. Sebaiknya anda bisa menggerakkan tangan saat sedang berbicara dan itu bisa membuat percaya diri dan bisa menjadi penyampaian yang baik atas informasi yang sedang Anda sampaikan.

Kenali Nilai Diri Anda dan Tunjukkan Contohnya

Apakah Anda adalah orang yang tepat untuk dipekerjakan di posisi jabatan perusahaan yang sedang dilamar? Jika iya, Anda bisa meyakinkan kepada pewawancara. Namun sebelum Anda meyakinkan kepada pewawancara, Anda perlu meyakinkan diri sendiri setelah itu baru meyakinkan ke pewawancara dengan menceritakan pengalaman kerja Anda. Tulislah semua secara detail tugas pekerjaan sebelumnya, prestasi yang didapatkan, pencapaian, cara mengatasi hambatan, cara menghadapi keluhan pelanggan, dan informasi positif yang pernah dilakukan saat bekerja sebelumnya.

Jadi diri sendiri dan Jangan Minder

Jadilah diri sendiri dan jangan mengikut seperti orang lain, cobalah untuk membuat pewawancara berkesan terhadap Anda bisa jadi keunikan yang Anda miliki berbeda dengan orang lain. Berusahalah untuk menjawab setiap pertanyaan dengan jujur dan jangan pernah  minder, jika Anda Minder  pewawancara pastinya akan ragu melihat kemampuan Anda baik yang sudah Anda tulis maupun yang sudah disampaikan lewat lisan.

Siapkan Jawaban yang akan ditanyakan

Hal yang perlu di siapkan sebelum wawancara adalah menyiapkan jawaban yang akan ditanyakan oleh pewawancara. Pertanyaan bagi yang sudah pernah bekerja biasanya akan mengarah tentang pengalaman kerja sebelumnya, kenapa berhenti bekerja, pencapaian yang pernah di dapat atau alasan kenapa anda harus diterima.

Namun bagi yang belum pernah bekerja atau bagi fresh graduate biasanya pertanyaannya mengarah ke seputar rencana lima tahun kedepan untuk perusahaan, kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki, kenapa setelah lulus tidak langsung bekerja atau menganggur. Untuk lebih mengetahui secara detail Anda bisa membaca di artikel ini 5 Pertanyaan Wawancara Kerja ini Sering Ditanyakan Saat Interview Fresh Graduate.

Siapkan Pertanyaan Besar yang ingin kamu ketahui

Dalam sesi wawancara pewawancara akan memberikan kesempatan Anda untuk bertanya. Gunakanlah kesempatan baik ini untuk menayakan perihal apa saja pertanyaan penting yang harus ditanyakan seputar pekerjaan, posisi dan perusahaan. Memberikan umpan balik berupa pertanyaan kepada pewawancara menunjukkan bahwa Anda memiliki ketertarikan terhadap pekerjaan yang saat ini sedang Anda inginkan.

Berikan Kesan Positif

Persiapan yang tidak boleh terlewatkan adalah memberikan kesan positif dari awal sampai akhir di tempat Anda melamar pekerjaan menjadi penting karena bisa jadi mempengaruhi penilaian orang lain terhadap kepribadian Anda. Setiap sesi wawancara jangan pernah menjelekkan tempat bekerja Anda sebelumnya dan Jaga ucapan dengan bertutur kata yang baik, dengan begitu Pewancara akan merasa yakin bahwa Anda adalah orang yang tepat dan layak untuk diterima.

Jaga Kesehatan

Jaga kesehatan sangat penting, jangan sampai ketika sudah waktunya tiba untuk wawancara kerja kondisi kesehatan Anda kurang baik. Hal ini akan mempengaruhi Anda dalam menjawab pertanyaan, kurang fokus, dan kelihatan kurang siap. Usahakan untuk selalu menjaga kesehatan.

Bersihkan Media Sosial

Beberapa perusahaan akan mengecek akun media sosial bagi calon pelamar kerja. Maka dari itu, bersihkan media sosialmu dari hal-hal yang bisa merugikan Anda.

Berdoa

Jika hal yang perlu disiapkan sebelum wawancara kerja sudah siap semua. Terakhir yang tidak boleh di tinggalkan adalah berdoa untuk yang terbaik agar bisa di terima di posisi jabatan yang Anda inginkan.

Penutup

Demikian informasi tentang hal apa saja yang perlu disiapkan sebelum wawancara kerja. Anda bisa membaca informasi seputar pertanyaan wawancara disini Job Interview


Posting Komentar untuk "18 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wawancara "