Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Pertanyaan Wawancara Kerja ini Sering Ditanyakan Saat Interview Fresh Graduate


Nyamping.com- Setelah lulus dari sekolah atau menjadi sarjana, kita akan mencari pekerjaan guna untuk bisa mencari penghasilan sendiri. Untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan yang kita impikan, kita akan melamar pekerjaan di tempat kerja yang sesuai dengan keahlian yang kita miliki baik itu di perusahaan negeri maupun perusahaan swasta.

Wawancara kerja

Beberapa orang setelah lulus dari kuliah ataupun sekolah tidak semuanya memutuskan untuk bekerja di perusahaan, ada beberapa yang memang ingin membuka usaha sendiri. Tetapi bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan dengan menargetkan di posisi bidang tertentu, biasanya seorang pewancara akan memberikan pertanyaan wawancara kepada calon pegawai di perusahaan tersebut. Jawaban pertanyaan wawancara dari calon pegawai tersebut menjadi refrensi apakah calon pegawai yang di wawancarai tersebut layak untuk bekerja di perusahaan tersebut atau tidak.

Perusahaan akan merekrut calon pegawai yang sudah memiliki pengalaman untuk menduduki di bidang yang kosong. Namun bagi yang belum memiliki pengalaman bekerja, Anda harus lebih giat lagi dalam menjawab pertanyaan wawancara yang diberikan oleh pewawancara. Namun Anda jangan khawatir, berikut ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan kepada calon karyawan yang belum berpengalaman. 

# Kekuatan terbesar apa yang Anda miliki?
Pertanyaan wawancara ini akan sering muncul saat sedang wawancara. Pertanyaan wawancara ini sebenarnya ingin menggali inisiatif, kreativitas dan fleksibilitas yang dimiliki oleh Anda selaku pelamar kerja. Selain itu, pertanyaan tersebut ingin mengetahui secara langsung tentang apa yang ada di dokumen berkas lamaran dengan yang Anda ucapkan secara langsung.

Untuk menjawab pertanyaan ini, sebaiknya Anda memberikan gambaran positif tentang diri Anda. Jika Anda memiliki pengalaman selain pengalaman bekerja, Anda bisa menceritakan pengalaman Anda selama berorganisasi, karir Anda di organisasi, kontribusi Anda di organisasi . Jika Anda pernah bekerja sebagai freelance atau paruh waktu, Anda juga bisa menceritakan pengalaman Anda tersebut.

# Apakah Indeks Prestasi Akademik (IPK) merupakan pertimbangan untuk menerima Anda sebagai pegawai di perusahaan Kami?
Pertanyaan wawancara ini biasanya akan muncul saat wawancara, jika IPK yang Anda miliki adalah bagus, maka jangan pernah ragu untuk menjawab "Ya", Namun jika IPK Anda adalah sebaliknya, Anda bisa memberikan jawaban yang tepat. Jawaban yang tepat artinya adalah bukan hanya jawaba "ya" atau "tidak", melainkan Anda bisa menceritakan pengalaman kerja, keterampilan, dan prestasi yang Anda miliki.

Kabar baiknya, biasanya perusahaan dalam merekrut calon karyawan tidak hanya memperhatikan IPK saja, namun juga memperhatikan pengalaman kerja, profesional itas dan karakteristik calon karyawan.

# Apakah Anda mencari pekerjaan tetap atau sementara?
Biasanya calon lulusan baru tidak jarang yang mencari pekerjaan untuk di jadikan batu loncatan untuk sekedar mencari pengalaman kerja. Sehingga jangan heran jika saat wawancara nanti akan muncul pertanyaan tersebut.

Jika anda mendapatkan pertanyaan seperti itu Anda bisa menjawab seperti ini: "Saya ingin mencari pekerjaan tetap karena ingin membangun karir di bidang tersebut. Oleh karena itu dalam bidang yang akan saya tekuni nanti, saya memerlukan kesempatan untuk mencari tantangan baru, mempelajari bisnis dan mempelajari metode-metode baru dari para senior yang sudah berpengalaman".

# Setelah Lulus, Mengapa Anda tidak langsung bekerja dan lama menganggur?
Setelah lulus dan melamar pekerjaan belum ada yang menerima, sehingga membuat Anda lama menganggur. Pertanyaan wawancara di atas sebenarnya ingin mengetahui kegiatan yang Anda lakukan selama menganggur. 

Untuk menjawabpertanyaan tersebut, Anda bisa menjelaskan secara detail dengan menekankan bahwa Anda sedang tidak mencari gaji yang tinggi, namun mencari perusahaan yang bersedia menerima Anda agar bisa memberikan kontribusi dalam jangka panjang di perusahaan tersebut.

# Pekerjaan Apa yang paling tidak Anda disukai?
Dalam menjawab pertanyaan ini anda harus berhati-hati, karena bisa jadi ini adalah pertanyaan jebakan. Jangan sesekali anda memberikan jawaban dengan mengatakan jenis pekerjaan atau aktivitas pekerjaan yang anda tidak sukai. Jika Anda terpaksa harus memberikan jawaban, Anda bisa menjawab dengan jawaban "Saya kurang menyukai pekerjaan yang tidak dikonsep dengan Jelas, baik cara kerjanya, orientasinya maupun pencapaiannya".

Jangan sesekali menyinggung tentang standar kerja seperti jam kerja, aturan lembur, larangan merokok di tempat kerja dll.  Selain jawaban yang sudah dijelaskan tersebut, Anda juga bisa memberikan jawaban seperti ini "Di setiap pekerjaan yang saya lakukan, akan ditemui sisi baik dan buruk. Jika mau belajar dari pengalaman, kita bisa mengambil hikmah dan manfaat dari setiap sisi baik dan buruk". Dengan memberikan jawaba tersebut maka anda akan terlihat lebih arif dan bijaksana sebagai orang yang belum berpengalaman dalam dunia kerja.

Demikian lah jawaban dari pertanyaan yang akan sering muncul saat sedang melakukan tes wawancara kerja. Semoga bisa membantu Anda dalam sesi wawancara yang akan Anda lakukan.
Anda bisa membaca pertanyaan lainnya seputar wawancara di artikel yang lainnya.

Posting Komentar untuk "5 Pertanyaan Wawancara Kerja ini Sering Ditanyakan Saat Interview Fresh Graduate"