Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Lebih baik mana Jualan Online di Media Sosial, Marketplace atau Website ?


Saat ini peluang untuk memulai bisnis semakin terbuka lebar. Banyak tempat untuk jualan online, di media sosial, marketplace maupun buka toko usaha di website sendiri. Pertanyaanya yang sering ditanyakan oleh pemula adalah kita mau jualan di tempat yang mana? Media sosial, Marketplace atau Website sendiri. Iya kan?

kelebihan dan kekurangan jualan online di marketplace


Dalam pembahasan ini semoga bisa memberikan solusi kepada anda bagi yang ingin memulai jualan online. Sebelum menentukan tempat untuk buka usaha online, sebaiknya anda tentukan dulu produk yang mau dijual. Jika sudah menentukan produk yang ingin dijual selanjutnya adalah menentukan tempat untuk jualan online.
Jualan online di media sosial, Marketplace atau Website memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak ulasannya berikut ini.

1. Jualan di Media Sosial

Jualan di media sosial saat ini juga semakin ramai digunakan oleh orang-orang yang memiliki produk maupun jasa. Beberapa media sosial yang sudah familiar yang sering dipakai untuk jualan online adalah Facebook dan Instagram.

Keunggulan Jualan di Media sosial

Lebih mudah untuk dilakukan dan dijalankan, mudah memberikan Feedback kepada customer secara langsung, pangsa pasar lebih tertarget dan mudah menjangkau calon konsumen.

Kekurangan jualan Online di Media sosial

Jualan online di media harus mengikuti aturan yang Media sosial tersebut, jika melanggar maka toko anda bisa ditutup.


2. Jualan di Marketplace

Jualan di Marketplace sudah tidak asing lagi banyak yang menggunakan layanan Marketplace untuk membuka usaha online. Seperti yang sudah tidak asing lagi bagi kita, ada beberapa Marketplace yang sudah banyak digunakan untuk jualan online seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee dan lain sebagainya.

Cara membuat toko online di Marketplace juga mudah dan gratis. Jika anda belum bisa membuatnya, anda bisa belajar terlebih dahulu cara membuat Marketplace baik di Tokopedia, Bukalapak, Lazada atau Shopee.

Keunggulan Jualan online di Marketplace 

Terpercaya dan aman saat melakukan transaksi dengan konsumen, Produk mudah di temukan dan bisa menjangkau konsumen lebih luas, buka toko di Marketplace cukup mudah dan gratis.

Kekurangan Jualan online di Marketplace

Persaingan yang ketat karena banyaknya orang yang jualan di Marketplace, seperti persaingan harga. Anda tidak bisa mengontrol penuh toko yang anda buka, karena dengan berjualan di Marketplace ibaratnya adalah numpang dilapak orang, sehingga bisa jadi suatu saat toko anda diblokir jika tidak sesuai dengan peraturan yang ada di Marketplace tersebut.

3. Jualan Online di Website sendiri

Selain bisa berjualan online dengan membuka toko di media sosial maupun di Marketplace. Anda juga bisa berjualan dengan membuka toko online dengan membuat website. Jualan online di website juga memiliki keunggulan dan kekurangan. Namun jika anda serius ingin jualan online, setidaknya anda harus memiliki website untuk menguatkan brand yang sedang anda bangun.

Cara membuat toko online di website juga tidak sulit. Untuk membuka toko online di website anda memerlukan domain dan hosting. Di Indonesia sendiri sudah banyak situs penyedia domain dan hosting juga ada paket lengkap untuk membuat toko online seperti di niagahoster, idwebhost, rumahweb atau domainesia.

Keunggulan Jualan Online di website

Jualan online di website memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh sebelumnya seperti memiliki kontrol penuh atas toko online yang dibikin. Lebih efektif dan efisien dalam mengelola produk yang anda jual, terpercaya, profesional dan bisa menentukan nama domain sendiri.

Kekurangan Jualan Online di Website sendiri

Anda harus lebih kerja keras untuk optimasi situs web anda agar mudah di temukan oleh pelanggan, mengandalkan Seo untuk bersaing dengan kompetitor anda terutama agar bisa tampil di halaman satu mesin pencari, dan memerlukan biaya untuk pembuatannya dan perawatannya seperti perpanjangan domain, jasa seo, atau jasa backlink.


Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan jualan online di marketplace, media sosial dan website. Semoga memberikan manfaat, jika bermanfaat silahkan share. 

Posting Komentar untuk "Lebih baik mana Jualan Online di Media Sosial, Marketplace atau Website ?"